Wednesday, September 28, 2011

R A F F A + E V A N : Chapter 8



Chapter 8

I’m Sorry, Evan...




Oh shit! Evan sakit dan gua gak tau! Parah banget dah gua! Kita bertiga lantas langsung panik. Misca yang paling dulu sadar dari kepanikan langsung membagi tugas. Margo ditugaskan untuk membawa dokter kemari. Karena nggak mungkin Evan dibawa kedokter, ribet soalnya. Gua, yang sebelumnya diomelin dulu sama misca karena gak tau Evan sakit padahal gua satu kamar sama dia, lantas disuruh mengambil air untuk mengompres jidat Evan.

Dalam rasa bersalah dan masih bercampur rasa panik gua mengerjakan apa yang diperintahkan si Misca. Gua pergi mengambil air dan kembali beberapa menit kemudian. Setelah tiba Misca langsung mengambil kompresan yang telah diairi dan meletakannya di kening Evan.

“Gila ya lo, Raff, kebangetan banget deh lo... masa temen sekamar elu sakit aja elu nggak tau.” Kata Misca sambil dengan lembut mengurus Evan.

“Ya maap, gua nggak tau.” Gua menjawab dengan penuh rasa bersalah.

“Emang elu ada masalah apa sih sama si Evan?” tanya Misca.

“Nggak ada masalah apa-apa, kok.”

“Ah, bullshit. Elo tuh sama Evan kalo lagi berantem ketahuan banget! Udah bukan samar-samar lagi, tapi jelas banget!”

“Bagaimana elo bisa seyakin dan setahu itu?”

“Yak ampun, Raff. Elo sama Evan tuh deket banget, kaya perangko. Dimana ada elu pasti ada Evan, dan sebaliknya. Kalo elu sama Evan jauh-jauh, ketara banget sama kita-kitaaaa!” Gua Cuma bisa diam sambil menduduk, memang benar kalo gua dan Evan ini lagi ada masalah.

“Udah deh, elu cerita aja sama gua. Nggak apa-apa kok. Gua tuh bukan mulut ember kaya si Nanda.”

“Oke... gua ama Evan emang lagi ada masalah. Masalahnya tentang apa kayanya elu nggak perlu tahu. Cuma satu yang bisa gua bilang, kalo masalah ini cepat atau lambat pasti bakalan selesai. Ya elu tau lah, gua ama Evan bukan cewek yang bisa betah marahan sampe berbulan-bulan.” Gua menjelaskan dengan diakhiri cengiran.

“Enak aja lo...” Misca pura-pura cemberut. “Hehehe, tapi emang ada benernya sih, cewek emang begitu kok, hehehe...” Misca merendam lagi kompresannya dan meletakannya kembali di kening Evan. “Ya semoga aja elu berdua cepet baikan. Nggak seru ah ada yang nggak saling omongan gini di kosan. Nggak enak!”

“Iya...”

Dokter datang setengah jam kemudian. Begitu datang sang dokter langsung periksa-periksa badan si Evan pake stetoskop, kemudian memeriksa matanya dan mulutnya pake senter.

“Sakitnya sih Cuma demam biasa, ini biasanya karena kecapekan dan pernah kelamaan diguyur hujan.” Dokternya akhirnya memberikan penjelasan.

“Hah, kelamaan kena hujan?” kata Misca. “Jangan-jangan...”

“Jangan-jangan kenapa?” tanya Margo.

“Iya, itu loooh, yang gua bilang tadi di kampus. Si Evan baru nyampe kosan subuh-subuh itu. Jangan-jangan semaleman dia diluar dong, kena ujan.”

Perasaan gua mendadak nggak enak. Si Evan semaleman diluar kena hujan, dingin-dingin gitu, plus capek. Namun semua itu malah berubah menjadi sebuah pertanyaan; ngapain dia diluar ujan-ujanan?

“Ini obat yang harus kalian tebus di apotik. Nanti kasihnya 3 kali sehari setelah makan.” Sang dokter memberikan secarik kertas berisi resep obat.

“Kira-kira berapa lama biar dia bisa sembuh dok?” gua bertanya.

“Kalo semuanya baik-baik aja, dan si dia ini rutin minum obat, dua hari juga udah bakalan sembuh.” Kata sang dokter.

Dokter tersebut kemudian merapihkan peralatannya dan keluar dari kosan dengan diantar si Margo.


-  http://www.verterusvoso.blogspot.com  -


“Mbak, mau tebus obat ini dong.” Kata gua sambil memberikan resep obat pemberian dokter kepada mbak-mbak penjaga apotik yang tampak sudah jenuh dengan pekerjaannya.

“Ya udah, silahkan tunggu, obatnya akan kami buat.” Kata mbak-mbak tersebut.

Gua berjalan menuju ke kursi tunggu. Magrib-magrib setelah mandi gua berinisiatif untuk menebus obatnya si Evan. Itung-itung sebagai salah satu upaya menebus kesalahan gua gara-gara gak tau kalo si Evan sakit. Ketika gua berpakaian, Evan masih saja tertidur di ranjangnya. Gua berharap pas gua balik ke kosan nanti si Evan udah siuman sehingga bisa langsung makan dan minum obat. Aaaahhh, membayangkan gua bertemu Evan nanti dalam keadaan dia sudah sadar membuat jantung gua berdebar-debar. Bukan karena kangen, tapi karena ketakutan gua atau rasa bersalah gua atau rasa nggak enak gua kepada Evan. Gua nggak bisa ngebayangin bagaimana reaksi Evan ketika melihat gua nanti. Dan lebih yang membuat gua tidak nyaman lagi, apa yang terjadi ketika hanya tinggal gua berdua saja nanti di kamar tersebut. Karena gua pasti akan tidur di kosan, apa lagi kalo bukan untuk mengawasi dan menjaga Evan.

Rupanya membuat obat pesanan si Evan itu membutuhkan waktu satu jam. Memang obat macam apa yang mereka buat sampai makan waktu satu jam. Kenyatannya hanya ada dua jenis obat saja dan itupun gua yakin 15 menit pun dibuat pasti bakalan jadi. Apotik macam apa ini. Mana yang jaga jutek banget lagi mukanya.

Setelah membayar gua pun kembali ke kos-kosan. Sebelumnya gua mampir dulu di warung padang untuk membeli makan malam. Gua sempet menelepon Margo dan dia mengatakan kalo si Evan sekarang udah siuman dan sekarang dia lagi makan bubur ayam. Jadi gua hanya perlu beli makanan untuk diri gua sendiri saja.

Begitu tiba memang benar, Evan sudah sadar walaupun tampak terlihat lemah. Begitu gua masuk ke kamar kos gua, rupanya dia baru aja selesai makan. Matanya langsung menatap gua begitu gua tiba. Namun dia tidak berkata apa-apa. Dan gua nggak berani menatapnya lama-lama.

“Ada Raff obatnya?” tanya Misca.

“Ada.” Gua menjawab.

“Ya udah, elu makan dulu deh. Udah beli makanan kan?” tanya Nanda.

“Iya...”

Gua menyiapkan makan malam gua sendiri sementara Margo, Misca dan Nanda mengerubungi Evan seperti anak kecil yang bersiap-siap mendengarkan dongeng.

“Van, kata dokter elu demam. Terus gara-garanya elu kena ujan lama-lama. Elu semalem ujan-ujanan ya?” tanya Nanda.

“Hehehe... iya gua ujan-ujanan.” Evan menjawab sambil nyengir.

“Kok bisa?” tanya Misca.

“Jadi gini,” Evan menghelas nafas sejenak, seolah butuh perhatian khusus untuk penjelasanan ini, dasar lebay. “Gua tuh berangkat dari tempat abang gua kira-kira jam 9 malem. Terus pas sampe halte Dukuh Atas, gua kelaperan. Gua turun dulu lah buat makan, eh pas gua mau makan gua baru tahu kalo dompet gua ketinggalan di kamar gua. Bingung lah gua, mau nelepon hape gua baterenya abis. Duit dikantong Cuma tinggal 2000 perak. Hasilnya gua jalan deh dari dukuh atas sampe kosan. Mana gua berenti dulu di halte dua jam gara-gara hujan deras.”

“Gila, elu jalan dari Dukuh Atas sampai sini. Gila, itu kan jauh banget. Kaya dari Semanggi sampai Harmoni!” kata Margo.

“Elu nggak naek ojek, atau nggak taksi?” tanya Nanda.

“Ojek? Jam 12 malem udah susah banget. Gua akhirnya naik taksi sih, setelah dua jam di halte sendirian gara-gara ujan dan satu jam jalan kaki.” Kata Evan.

“Terus elu naik taksi bayar pake apaan?” tanya Nanda.

“Pake jam tangan gua, gua kasih aja tuh jam tangan dua ratus ribuan. Untung banyak tuh si supir taksi.” Jawab Evan.

“Yak ampun, Vaaaaan... kasian banget sih lo. Sayang banget tuh jam tangan elo. Kan bagus tuh jam tangan lo.” Kata Margo.

“Biarin aja lah.” Kata Evan.

Gua mendengarkan semakin merasa bersalah.

“Elu nggak cari wartel buat nelpon kita-kita?” tanya Misca.

“Nomor hape lo nggak ada yang gua hapal. Lagi kalian pada nggak pake nomor cantik kaya punya gua.”

Mendadak si Nanda mesem-mesem, “Ih Evaaan, kan gua aja udah cantik, hihihi...”

“Yeeee, ganjen.” Kata Margo.

“Ya udah deh kalo gitu. Laen kali jangan lupa bawa dompet sama ngecas hape kalo mau pergi-pergi. Biar nggak keulang lagi yang kaya gini.” Kata Misca dengan bijak. “Kan kasian elonya, Van. Gila ya, jalan kaki, ujan-ujanan, sendirian di halte. Untung lo nggak diperkosa banci.”

“Hahaha...” Evan tertawa lemah.

“Eh kayanya udah bisa nih elo minum obat. Elo minum obat dulu deh sekarang, biar elu bisa istirahat habis ini.” Kata Misca.

Nanda secara otomatis menyiapkan air minum sementara Misca menyiapkan obat-obatnya. Margo... Cuma nonton doang. Apa lagi gua yang Cuma bisa ngeliat dari seberang. Setelah selesai minum obat, mereka bertiga lantas pergi ke kamar masing-masing, meninggalkan gua dan Evan berdua saja.

Dimulai lah masa-masa kaku bin tidak menyenangkan. Evan sekarang tidur-tiduran sambil memainkan ponselnya. Sementara gua masih aja duduk terpaku menatap Evan. niat gua sekarang sih pengen minta maaf atas apa yang selama ini gua lakukan. Cuma entah kenapa gua malah jadi takut ngomong sama Evan. Gua takut menerima akibat dari semua ini, takutnya pas gua ngomong Evan malah meledak marah. Namun gua gak bisa terus-terusan kaya begini. Rasanya nggak nyaman banget. Maka mau nggak mau gua pada akhirnya harus ngomong sama dia.

“Emmm... udah enakan sekarang?” gua basa-basi nanya keadaannya.

Si Evan malah diam aja dan masih asik sama ponselnya.

“Apa kabar, Van?” aduuuuh, pertanyaan bodoh darimana lagi bisa keluar begini.

Si Evan juga masih diam saja, seakan dia Cuma sendirian di kamar tersebut. Baiklah, ini seperti butuh tindakan tingkat lanjut. Gua beranjak dari kasur gua dan mendekati kasur Evan.

“Van... masih marah ya sama gua?”

“Masih nanya lo?” akhirnya Evan memberikan tanggapan, tatapan matanya kayanya bener-bener penuh amarah. “Elo masih nanya? Otak lo dimana?!”

“Iya, Van. Gua minta maaf... maaf gua selama ini ngejauhin elu.”

“Maaf?” Evan mengulangi, dia memaksakan diri untuk duduk. “Setelah semua yang udah elo lakukan sama gua selama ini. Setelah udah sebulanan elu ngejauhin gua, setelah elu udah bikin gua sakit hati, setelah elu udah bikin gua tersiksa. Sekarang elu Cuma bisa bilang maaf?!”

“Gua gak tau harus kaya gimana supaya elu maafin gua. Yang gua tau sekarang ini ya minta maaf sama elu. Gua bener-bener ngerasa bersalah sama elu, Van. Harusnya elu nggak perlu ngalamin kaya gini.”

“ELO NGGAK TAU RASANYA ADA DIPOSISI GUA!” Evan meledak marah. “SAKIT! HATI GUA SAKIT!”

“Gua minta maaf, Van.” Hanya kata-kata itu aja yang bisa gua keluarin.

“Elo nggak tau rasanya gimana orang yang elu sayangin ngejauhin elo. Elo nggak tau sakitnya dihindari. Seolah gua ini penyakit berbahaya aja. Seolah gua ini sampah aja. ELO NGGAK TAU ITU!”

“Gua nyesel, Van. Demi Tuhan gua nyesel udah ngelakuin itu semua ke elo. Harusnya gak gak kaya gitu. Gua begitu karena gua nggak siap nerima kenyataan yang udah elo kasih tau ke gua. Gua nggak bisa nerima itu.”

“TERUS?!”

“Tapi sekarang gua nyesel, Van. Harusnya gua gak kaya gitu, harusnya gua nggak ngejauhin elu. Elu sahabat gua.”

“Elu nggak tau. Elu emang nggak pernah ngerasain sakitnya jadi gua. Gua bisa nerima perlakuan itu dari orang lain, gua nggak peduli, tapi asal jangan dari elu.” Mendadak amarah Evan berubah jadi kesedihan, air mata Evan mulai menetes. Jujur aja ini pertama kalinya gua melihat Evan begitu emosional. Dia marah dan kemudian menangis. Sebuah moment yang benar-benar membuat gua merasa tambah galau dan menyesal telah menyakiti hati Evan. “Asal elu tau, gua bisa aja nelepon ke wartel buat minta dijemput, tapi nggak ada satupun nomor yang gua hafal, kecuali nomor elo. Dari semua nomor telepon temen-temen gua yang gua kenal Cuma nomor elo aja yang gua hafal. Cuma nomor elo yang gua hafal, karena gua tau elu pasti ngebantu gua. Tapi kemaren buat apa gua nelpon elo. Elu aja nganggap gua kaya penyakit. Ngejauhin gua. Gua tau elo nggak bakalan mau nolongin gua, karena perilaku lo sama gua akhir-akhir ini. Makanya gua lebih milih nggak usah nelpon lo daripada malah tambah sakit hati.”

“Elo kenapa nggak nelpon, Panji?” kata gua yang secara naluriah sadar kalo Panji itu cowoknya si Evan. Dan nggak mungkin Evan nggak hafal nomor telepon pacarnya sendiri.

“Gua udah putus sama Panji.” Jawaban Evan membuyarkan semua pemikiran gua. “Dan gua juga nggak hafal nomor si Panji.”

“Ya udah, terus gua musti gimana supaya elu mau maafin gua, Van?”

“Lo pikir aja sendiri!”

“Evan...”

Dan Evan diam saja. Berikutnya gua melakukan hal yang pertama kali gua lakukan kepada sesama jenis gua. Gua memegang kedua tangan Evan berharap tindakan revolusioner gua bisa meluluhkan hati si Evan. Kemudian berkata dengan sepenuh hati; “Van... gua minta maaf, Van. Elu jangan marah lagi, yaaa. Gua nyesel udah jahat sama lo.” Gua kira itu akan berhasil, tapi nyatanya bukan. Evan malah menarik tangannya.

“Udah ah, gua mau tidur, capek gua ngomong sama lo. Malah bikin gua tambah sakit.” Evan kemudian merebahkan badannya dan menarik selimut, serta tidur memunggungi gua.

Gua beranjak kembali ke kasur gua dengan hati galau.


-  http://www.verterusvoso.blogspot.com  -


“Aduuuh Evaaaaannnn...!” Seru Gadis begitu memasuki kosan gua keesokan siangnya. “Aduh bule ganteng gua, kamu kok bisa sakit sih, beb. Kamu diapain sama Raffa sampe sakit begini?”

“Nggak kok, kemaren gua Cuma kecapean aja sama kena hujan.” Jawab Evan yang duduk di kasurnya sambil tersenyum cerah. Haaaah, seandainya dia bisa secerah itu sama gua.

Pagi-pagi gua dengan baik hati menyiapkan sarapan. Gua beli bubur ayam untuk kita berdua, dan begitu gua kembali Evan yang tampaknya jauh mendingan dari kemaren sudah bangun dan duduk dikasurnya sambil memainkan laptop. Begitu gua ajak sarapan, sebenernya dia mau aja sarapan, sayangnya dia hanya membuat gua capek tiga kali dan kerja tiga kali. Karena dia merasa udah mendingan jadi dia merasa berhak untuk makan nasi uduk. Maka gua terpaksa pergi lagi untuk beli nasi uduk.

Setelah ngatri selama 15 menit, akhirnya satu bungkus nasi udah bisa gua bawa pulang. Sayangnya Evan nggak mau, dia pengen nasi uduk langganannya yang jaraknya kira-kira satu setengah kilo meter dari kosan gua. Kalo kondisinya gua sama Evan lagi gak marahan, gua bakalan marah-marah karena dikerjain begini. Namun karena situasinya gua sebagai orang yang dipersalahkan jadinya gua nurut aja. Dan perjalanan 3 kilo meter yang memakan waktu setengah jam gua tempuh demi nasi uduknya si Evan. Untung aja nasi uduknya masih nyisa pas gua beli. Dan untungnya aja si Evan nggak macam-macam lagi. Begitu tiba, gua langsung nyiapin nasi uduknya dan minumnya seperti yang biasa Evan lakukan sama gua waktu dulu.

Kita makan dalam diam dan seberang-seberangan. Setelah selesai, dalam diam gua langsung mengambil piring dan gelas Evan serta milik gua sendiri. Evan kembali serius dengan laptopnya setelah makan.

Bubur ayam gua hibahkan ke Margo, yang dengan suka cita menerimanya. Serta sebungkus lagi gua kasih ke si Nanda, yang disertai omelan si Misca karena dia nggak kebagian jatah.

Lima belas menit kemudian, setelah menyiapkan air minum dan obat untuk Evan yang dilakukan sambil membisu, gua pergi keluar kosan untuk menelepon Gadis sekaligus cari udara segar.

“Hai, beb.” Kata gua ketika telepon gua dijawab.

“Hai juga, beb. Kamu nggak kuliah?” tanya Gadis.

“Enggak, aku besok kuliahnya. Kamu lagi istirahat?”

“Iya, ntar lagi sih bel. Tapi nyantai aja, biasanya belajar mulai 10 menit setelah bel. Si Elijah Nickhun apa kabar?”

“Elijah Nickhun? Siapa tuh?”

“Itu loh si Evan. hehehe...”

“Ooooh, si Evan lagi sakit demam dia. Cuma sekarang udah mendingan.”

“Hah, sakit? Kok bisa? Ini pasti salah kamu nih.” Suara Gadis mendadak meninggi dan terkejut.

“Loh kok?” Gua bertanya bingung, kok bisa salah gua?

“Iya, harusnya kan kalo Evan sakit kamu juga! Orang kalian kemana-mana barengan terus. Jadi kalo Cuma Evan doang yang sakit tapi kamunya sehat-sehat aja, berarti salah kamu karena nggak meratiin si Evan, sampe dia jatuh sakit. Ya kan?!”

Walaupun agak bete karena lagi-lagi gua yang dipersalahkan atas sakitnya si Evan, tapi gua mau gak mau harus setuju dengan kata-kata si Gadis. Emang salah gua juga sih si Evan jadi sakit gini. Walaupun nggak secara langsung.

“Iya, emang aku yang salah. Puas?”

“Pulang sekolah nanti aku main ke kosan kamu, aku mau jenguk si Evan. Kamu ini ya, nggak pedulian amat sih sama temen sendiri. Udah ah, guru aku udah dateng, ntar aku telepon lagi pas mau ke kosan kamu. Bye beb.”

“Byeee...”

Jadi disinilah Gadis sekarang. Ngobrol berdua sama Evan sementara gua diseberang kasur Cuma diem aja sambil facebookan.

“Beb, si Evan haus nih, gak ada air. Beli aqua galon gih, cepetan!” Perintah Gadis, seperti majikan nyuruh pembantu. Beuh, kalo bukan pacar gua udah abis tuh cewek. Menyebalkan!

Gua akhirnya hanya menurut saja, gua bangkit berdiri dan mengambil galon yang kosong tersebut untuk dibawa ke Indomaret. Setelah itu gua kembali dari Indomaret dengan menggendong aqua galon dipundak. Perasaan setengah bete ketika sampai kamar kosan Evan dan Gadis saling tertawa dan mengobrol riang gembira, sementara gua sibuk mengganti galon seperti babu yang terabaikan. Sialan. Gua menuangkan air hangat ke dua gelas dan meletakannya didekat Gadis dan Evan. setelah itu gua kembali ke kasur gua.

Sekitar pukul 4 sore gua meminjam motor Pulsarnya si Margo untuk mengantar si Gadis pulang. Sekalian beli makan malam buat gua dan Evan pas perjalanan kembali ke kosan. Hujan mendadak turun dengan derasnya tepat beberapa saat setelah gua masuk kekosan. Telat semenit aja gua pasti udah kena guyur hujan.

Di kamar Evan tampak santai di kasur sambil main laptop. Gua menyiapkan makan malam dia dan mendekati dia dengan setengah enggan.

“Van, nih nasi goreng.” Kata gua sambil duduk didekatnya.

“Taruh aja disitu.” Dia menyahut dengan ketus dan mata masih menatap laptop.

Gua nggak langsung pergi tapi diam aja, “Eeem... masih marah ya..? Van...”

“Elo tadi ada liat gua senyum sama lo, nggak?” tanya Evan akhirnya menatap gua.

“Nggak.”

“Ya udah. Udah tau kan kalo gitu artinya apa?” kata Evan, dan dia kembali serius dengan laptopnya. Gua beranjak menuju kasur gua dan makan malam. Lagi-lagi makan dalam diam dan kekakuan.


-  http://www.verterusvoso.blogspot.com  -


Mata gua terbuka pada dini hari yang dingin. Diluar sepertinya hujan masih mengguyur Jakarta. Secara naluriah gua menoleh ke kanan untuk melihat keadaan Evan. Disana Evan tampak tidur dengan gelisah. Entah karena kedinginan atau apa, gua nggak tau. Tapi gua bisa melihat dengan jelas kalau dirinya sedang gelisah dalam tidurnya.

Melihat keadaan Evan membuat gua merasa kasihan. Dia tampak tidak nyaman dengan tidurnya, ditambah suhu udara yang semakin dingin gara-gara hujan. Dan tiap menit yang berlalu Evan selalu saja bergerak-gerak dalam tidurnya. Dia gelisah, seperti yang biasa orang sakit rasakan, gelisah ketika tidur. Gua nggak tau harus bagaimana melihat keadaan Evan seperti ini, walaupun ada satu cara yang gua gak tau bakalan berhasil atau tidak. Sebuah cara yang belum pernah gua lakukan selama hidup gua, kepada seorang pria.

Evan sedang tidur memunggungi gua ketika gua perlahan menyebrangi kamar dan pindah ke kasurnya. Memeluknya dari belakang dan menarik selimut menutup badan kita berdua. Gua bisa merasakan Evan bereaksi terhadap pelukan gua.

“Elo ngapain, Raff?” tanyanya dengan suara lemah, menyadari seseorang memeluknya dari belakang.

“Melakukan apa yang pernah elo lakukan ketika gua sakit dulu.” Gua menjawabnya dari belakang.

“Tapi kenapa..?”

“Supaya elo bisa berbagi panas sama gua... supaya elo cepet sembuh...”

Evan kemudian diam, namun semenjak itu kegelisahannya perlahan hilang. Ia mulai bernafas dengan teratur dan lembut. Lalu berikutnya gua merasakan tangan Evan menggenggam tangan gua, menariknya untuk memeluk badannya lebih erat lagi. Kita berdua terdiam dalam pelukan dan ketenangan. Dan saat itulah gua berbisik ketelinga Evan. Dengan suara yang lembut agar tidak mengagetkannya namun tetap terdengar.

“I’m sorry...”

“Yeah... elo udah gua maafin.” Suara lemah itu memberikan jawaban.

“Thank’s...” gua kembali berbisik sambil tersenyum.

“Ya... ayo kita tidur lagi.”

Gua memeluk Evan dengan lebih erat dan menutup mata. Tidur bersama dalam satu kasur dan berpelukan.

Hujan masih saja turun dengan derasnya dan menyebabkan rasa dingin. Namun di kamar ini, kita berdua merasakan kehangatan... : )



Bersambung ke Chapter 9

No comments:

Post a Comment